Total Tayangan Halaman

Selasa, 13 Maret 2012

Lie Lo Cia (Li Ne Zha)


NB : Cerita dalam novel Hong Sin (Feng Shen) cerita begitu hebatnya dewa-dewa Tao.
Lie Lo Cia atau Li Ne Zha sering disebut juga dengan Sam Thay Cu (San Tai Zi 三太子), sebab ia adalah putera ketiga Lie King (Li Jing) alias Lie Thian Ong (Li Tian Wang). Gelarnya adalah Tiong Than Goan Swee (Zhong Tan Yuan Shuai 中壇元帥) atau Jendral Panggung Tengah. Sering pula disebut dengan Thay Cu Ya (Tai Zi Ye) atau Lo Cia (Ne Zha) saja.
 Cerita riwayat Lo Cia terdapat dalam novel Hong Sin (Feng Shen), yang ringkasannya sebagai berikut:
 Komandan garnisun kota Cheng Tang Guan yang bernama Lie King (Li Jing) sudah memiliki dua putera, yakni Lie Kim Cia (Li Jin Zha) dan Lie Bok Cia (Li Mu Zha). Saat itu Lie King sedang gelisah menantikan kelahiran anaknya yang ketiga, sebab walaupun usia kandungan isterinya sudah mencapai 36 bulan, sang jabang bayi belum juga keluar.
Suatu malam, isteri Lie King merasakan saat kelahiran bayinya sudah dekat dan segera  memberi tahu Lie King. Saat kelahiranpun tiba, tetapi alangkah terkejutnya Lie King ketika mengetahui bahwa yang keluar dari dalam perut isterinya adalah sebongkah bola daging yang bergulir kesana-kemari. Lie King segera meloncat mengambil pedangnya dan membelah bola daging tersebut. Dari dalamnya muncullah seorang bocah laki-laki cilik yang berpakaian (oto) merah dan tangannya memakai gelang emas. Begitu muncul, sang bocah segera berteriak memanggil Lie King sebagai ayah. Oleh Lie King, bocah itu diberi nama Lo Cia (Ne Zha).
 Suatu hari, Lo Cia yang berusia 7 tahun, mengajak pelayannya bermain-main ke sungai Jiu Wan He. Ia berendam sepuas-puasnya di sungai itu dan baju oto-nya yang dipakai sejak ia lahir, dilepas dan dicucinya. Tanpa disadari Lo Cia, perbuatannya itu  ternyata mengundang bencana. Oto yang dimilikinya tersebut adalah benda pusaka, dan begitu dicelupkan ke dalam sungai, maka sungai tersebut berubah menjadi merah warnanya dan mendidih. Sungai Jiu Wan He sebenarnya adalah pintu masuk kerajaan Naga Timur (Tong Hay Liong Ong / Dong Hai Long Wang). Melihat adanya goncangan di kerajaannya dan banyak prajuritnya yang mati, Hay Liong Ong menjadi penasaran. Ia memerintahkan seorang panglimanya untuk menyelidiki. Panglima ini melihat seorang bocah cilik sedang mencuci oto yang menimbulkan bencana.  Tanpa pikir panjang iapun segera menyerang bocah itu. Lo Cia yang kaget melihat 
ada makhluk aneh menyerangnya, segera melempar gelang pusakanya ke arah mahkluk tersebut. Gelang itu menghantam kepala sang panglima laut dan seketika juga langsung mati. Hay Liong Ong yang mendengar laporan matinya sang panglima, menjadi semakin murka.
Ia memerintahkan puteranya. Ao Ping, untuk menangkap dan menghukum Lo Cia. Diluar perhitungan, sang Pangeran Ao Ping justeru malah ikut tewas. Kemudian mayat Ao Ping yang masih berwujud naga itu, dicabuti ototnya oleh Lo Cia untuk dijadikan sabuk bagi ayahnya.
 Lo Cia kemudian pulang dan menceritakan kejadian itu kepada ayahnya. Sang ayah bukannya menjadi senang tapi malah menjadi marah kepada Lo Cia, sebab kejadian itu pasti akan berekor panjang.
 Benar juga, Hay Liong Ong datang menemui Lie King dan meminta pertanggung jawaban atas kematian puteranya. Karena terdesak, Lo Cia akhirnya bersedia menerima hukuman, asal orang  tuanya tidak diapa-apakan. Lo Cia mati bunuh diri dihadapan sang raja laut Hay Liong Ong.
 Setelah mati, arwah Lo Cia menemui gurunya yaitu Thay It Cin Jin (Tai Yi Zhen Ren), sedangkan isteri Lie King membuatkan klenteng untuk mengenang Lo Cia. Klenteng tersebut ramai dikunjungi orang, karena umumnya permohonan yang diajukan sering terkabul. Lie King yang mendengar berita ini menjadi gusar dan memerintahkan anak buahnya untuk membongkar dan menutup klenteng Lo Cia. Lo Cia yang mengetahui bahwa klentengnya dibongkar oleh sang ayah, menjadi dendam kepada ayahnya dan berniat membalasnya suatu
ketika nanti. Berkat bantuan gurunya, Lo Cia dapat  hidup kembali, dengan menggunakan badan dari kelopak teratai. Bahkan ia dibekali dengan sebuah tombak wasiat dan sepasang sepatu roda angin - api.  Dengan berbekal senjata barunya, Lo Cia mencari ayahnya untuk balas dendam.
Lie King yang kalah kesaktian dengan Lo Cia, akhirnya memohon bantuan Bun Cu Kong Hoat Thian Cun (Wen Shu Guang Fa Tian Zun). Lie King diberi sebuah pagoda wasiat yang dapat mengurung Lo Cia. Setelah tidak berdaya dan berjanji tidak akan memusuhi ayahnya lagi, maka Lie King melepas Lo Cia. Dalam novel Hong Sin diceritakan pula bahwa setelah kemenangan dipihak Kiang Tjoe Ge, maka Lo Cia berserta ayah dan saudaranya diangkat menjadi panglima-panglima langit. Ayahnya mendapat gelar Tok Tha Thian Ong (Tuo Ta Tian Wang) dan Lo Cia mendapat gelar Tiong Than Goan Swee (Zhong Tan Yuan Shuai). Lo Cia juga dianggap sebagai dewa pelindung bagi anak-anak.
Profil :
Lo Cia biasanya ditampilkan dalam wujud seorang bocah remaja, rambutnya dikonde dua, memakai oto merah, satu tangan memegang tombak dan tangan lainnya memegang gelang emas, serta berdiri di atas sepasang sepatu roda angin-api. Namun ada juga yang menampilkannya dengan mengenakan pakaian perang, atau berkepala tiga dan bertangan enam. Umumnya bila tidak dipuja sendiri, Lo Cia biasanya diletakkan berdampingan dengan Thian Siang Sing Bo (Tian Shang Sheng Mu) atau Poo Sing Tay Te (Bao Sheng Da Di 保生大帝).
Hari perayaan:
Secara umum, perayaan Lo Cia ada dua yaitu :
  • Tanggal 9 bulan 9 Imlek, sebagai hari lahir (shejid).
  • Tanggal 8 bulan 4 Imlek, sebagai hari kenaikannya ke langit.

0 komentar:

Posting Komentar